Masjid di Bogor Ini Unik Karena Tanpa Kubah dan Dinding

             

Sejuk, nyaman, dan indah. Itulah kesan yang terasa ketika menginjak Masjid Al Muqsith di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Masjid yang berada di pinggir Jalan Raya Puncak ini memiliki bentuk unik dan berbeda dari masjid pada umumnya. Anda tidak akan menemukan kubah di bagian atas masjid ini. Uniknya lagi, masjid ini didesain dengan tidak menggunakan dinding di area tempat salatnya.

Masjid yang berada di Jalan Raya Puncak KM 83, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini memiliki tiga lantai. Lantai bawah untuk toilet pria dan wanita, lantai dua untuk area salat laki-laki, dan lantai tiga untuk area salat perempuan.


Meski tak berdinding, masjid ini tetap kokoh karena terdapat beberapa tiang pancang sebagai penahannya. Selain itu, atapnya juga unik, yakni berbentuk seperti payung berwarna putih. 
Air pegunungan yang digunakan untuk air wudhu sungguh menyegarkan. Angin sejuk sangat terasa ketika mendirikan salat di masjid tersebut.

Pengurus Masjid Al-Muqsith, Muhammad Masykur mengatakan masjid ini dibangun pada 2006 hingga selesai pada 2008. "Masjid ini diresmikan pada tahun 2009 oleh ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) yang waktu itu dijabat Hasyim Muzadi," katanya. 

Lanjutnya, masjid ini didirikan dan dikelola oleh sebuah Yayasan Adnyadna Jawa Dwipa, Jakarta. Arti nama Al- Muqhstih yakni Maha Adil, yang diambil dari Asmaul Husna. Di dinding kiblat masjid juga dipasang ayat suci Al-Qur'an dari Surat Al-Qasas ayat 77.

Kutipan ayat suci yang terbuat dari baja tersebut menceritakan tentang keseimbangan dunia dan akhirat. "Masjid ini arsiteknya orang Jakarta. Kita juga gak tahu alasannya kenapa didesain seperti ini," ungkapnya.

Ia menuturkan, tiang pancang bangunan ini terbut dari baja dan bahan pembuat payungnya didatangkan dari Australia. Bahan payungnya pun sangat kuat, bahkan diinjak-injak orang pun tak akan jebol.

"Yang masangnya juga langsung orang Australia. Setahun dua kali dibersihkan, tapi itu yang bersihkannya khusus dari perusahaan pembersih gedung," tutur Masykur.
Masjid dua lantai ini bisa menampung 150 jamaah

Related

Strange story 7595456533840018490

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru