Menengok Keindahan Mimbar Masjid Makassar

           

Masjid Kampung Maloku atau yang dikenal sebagai Masjid Anshar, merupakan salah satu yang tertua di Makassar. Usia masjid tersebut 190 tahun. Letaknya di Jalan Somba Opu, Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar.

Masjid Anshar didirikan pada tahun 1826 di sebidang tanah yang diwakafkan oleh almarhum Karaeng Tompo. Pada awal pembangunannya, masjid Anshar hanya berupa musala kecil yang luasnya sekitar 10x10 meter persegi.


Beberapa tiang yang kini berdiri di tengah masjid, menjadi penyangga awal berdirinya masjid tersebut. Setelah masjid mengalami renovasi dan perluasan, tiang-tiang tersebut tetap dibiarkan berdiri kokoh di dalam masjid.

Abdullah Yasin, Ketua Harian Masjid Anshar mengatakan, ada beberapa benda berumur ratusan tahun yang hingga saat ini masih dipergunakan. Salah satunya mimbar.

"Mimbarnya itu sudah ada sejak tahun 1327, bahkan mimbarnya itu lebih tua dari masjidnya sendiri," kata Abdullah Yasin, Minggu (19/6/2016). Itu artinya mimbar tersebut berusia 689 tahun. Yasin mengetahui umur mimbar tersebut karena di salah satu bagian mimbar terdapat ukiran yang menunjukkan umurnya.

Namun, kayu mimbar yang terbuat dari kayu Ternate tersebut, terpaksa dilapisi karena umurnya yang sudah sangat tua dan mulai lapuk.

Yasin melanjutkan, sepengetahuannya masjid ini didirikan oleh Karaeng Tompo setelah kelahiran anaknya. "Masjid itu seumur degan anak pendirinya, namanya Basse Masigi. Ketika anaknya lahir, dia juga membangun masjid," katanya.

Masjid Anshar juga sempat ditangani oleh militer yang saat itu masih bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Masjid tersebut mangalami renovasi sedikit demi sedikit setelah ditangani oleh ABRI.

Saat ditangani oleh ABRI itu, masjid juga sempat mengalami perubahan naman menjadi Masjid Anshar ABRI, namun setelah itu dikembalikan lagi menjadi masjid Anshar. Bukti bahwa masjid ini pernah menjadi masjid kebanggan ABRI juga masih terasa. Hal itu diungkapkan oleh Anshar, Iswan Dg Kulle (37) yang sudah sebelas tahun menjadi Muadzin Masjid.

Iswan yang ditemui di masjid mengatakan, masjid terkadang didatangi oleh puluhan anggota TNI untuk melakukan kerja bakti. "Biasa juga ada puluhan TNI yang salat di sini," ungkapnya. Saat ini masjid Anshar yang diketuai oleh Idris Manggabarani, sudah cukup besar, dengan dua lantai dan mampu menampung lebih dari 1000 jemaah.

Related

Travelling 6631959033057055144

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru