Menikmati Pesona Keindahan Dari Gua Jatijajar yang Tidak Kalah Dari Keindahan Gua Gong


Saat ini sudah makin banyak gua dengan atraksi menarik. Salah satunya Gua Jatijajar di Kebumen yang menawarkan diorama Lutung Kasarung. 

Gua Jatijajar adalah salah satu situs geologi di Kabupaten Kebumen yang terbentuk dari proses yang alami. Gua ini terbentuk dari batuan kapur, memiliki panjang kurang lebih 200 meter lebih dari pintu masuk sampai keluar. 


Sejarah menyebutkan bahwa pada awalnya Gua ini ditemukan oleh seorang petani yang bernama Jayamenawi yang secara tidak sengaja jatuh ke lubang saat sedang mengambil rumput untuk makanan ternak. Ternyata lubang tersebut berada di langit-langit gua ini. Beliau langsung melapor ke penguasa setempat. 

Pejabat setempat mengecek keberadaan gua tersebut dan menjumpai dua pohon jati yang tumbuh sejajar di tepi mulut gua. Dari kisah tersebutlah penamaan Gua Jatijajar.

Yang unik dari gua ini adalah terdapat diorama yang dipasang di dalam gua yang menceritakan tentang kisah "Lutung Kasarung". Berjumlah sebanyak 8 diorama, diperankan oleh 32 patung yang tersebar dari pintu masuk sampai keluar. 

Di dalam gua pun sudah ditata sedemikian rupa dengan jalan yang diblok, tangga dan bahkan ada lampu yang digunakan sebagai penerangan. Meskipun begitu tetap tidak mengurangi keaslian suasana guanya sendiri.


Selain diorama ini yang menarik adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir di gua atau biasa disebut sendang. Total ada tujuh tapi yang bisa dijangkau hanya ada empat sendang, yakni Sendang Puser bumi, Jombor, kanthil dan mawar. 

Yang paling sering dikunjungi adalah sendang mawar dan kanthil. Konon apabila kita mencuci muka di sana maka segala cita-cita akan tercapai dan awet muda.


Untuk mencapai tempat wisata Gua Jatijajar ini tidaklah sulit karena berdekatan dengan objek wisata lain seperti waduk sempor dan lainnya. Pada saat masuk ke kompleknya kita akan mendapati ikon tempat wisatanya yakni patung dinosaurus besar yang menegeluarkan air dari mulutnya. 

Selain itu, anak Anda bisa mandi di kolam air alami dengan bola berwarna-warni atau bermain di tempat permainan anak dekat gua. Tiket masuk yang murah, fasilitas yang memadai dan lokasi yang strategis inilah yang membuatnya menjadi wisata favorit keluarga disana. Jadi tunggu apalagi, yuk berkunjung ke sana!

Related

Travelling 8438654052067078557

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru