Tips Cerdas Supaya Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa


Asupan cairan ke dalam tubuh sangat terbatas saat puasa. Sementara cuaca panas dan kegiatan membuat tubuh dehidrasi lebih cepat. 

Tubuh terdiri dari 70% air agar organ vital dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan dapat sebabkan gangguan dalam proses seperti eksresi dan pencernaan. Cairan tubuh juga menjaga kulit lembap dan elektrolit terangkut ke seluruh tubuh. Dehidrasi ringan dapat sebabkan sakit kepala, disorientasi dan kelelahan. Juga dapat mengganggu fungsi kognitif otak yang diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Beberapa tips sederhana dari expatwomanfood (8/6) ini dapat mengatasi dehidrasi saat puasa ramadan. 

1. Hindari paparan sinar matahari 


Jika terkena paparan sinar matahari langsung tubuh mulai berkeringat. Ini akan membuat Anda kehilangan banyak kandungan air dalam tubuh sehingga membuat dehidrasi dengan cepat. Panas juga akan membuat haus dibandingkan jika Anda berada di tempat yang teduh atau tertutup. Untuk itu, gunakan topi dan pakaian ringan yang cocok untuk kegiatan di luar. 

2. Minum air hangat 


Selama berbuka puasa, segeralah minum air. Anda harus menghindari minuman manis dan yang bersoda. Minuman sedikit manis masih bisa dikonsumsi. 

3. Minum jus alami dan smoothies 


Membuat jus buah sendiri lebih mudah untuk mendapatkan kembali nutrisi yang telah hilang selama puasa. Konsumsi jus buah segar memberi banyak asupan vitamin, serat, dan zat besi. Selain itu, vitamin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya jangan menambhakan gula dalam jus atau smoothies. 

4. Minuman tradisional 


Minuman tradisional seperti jus kurma, teh jahe, teh serai, wedang jahe atau beras kencur bisa dikonsumsi. Kandungan rempah pada minuman ini membuat lambung lebuh nyaman dan kurangi gas dalam perut.

5. Hindari aktivitas berat 


Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengeluarkan energi pada siang hari. Selama berpuasa, tubuh mendapat energi dari makanan yang anda makan. Sementara puasa asupan terbatas. Sebaiknya gunakan stok energi yang ada dengan baik. 

6. Jangan lupa sahur 


Jangan melewatkan sahur. Karena sahur sebenarnya adalah sarapan sebagai bekal energi untuk beraktivitas hingga saat berbuka puasa. Sahur juga mencegah Anda makan berlebihan saat berbuka puasa yang bisa berakibat lonjakan gula darah.

Related

Tips 4648057990311026281

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru