Tugu Muda Gambaran Semarang dan Berbagai Kenangan Masa Lalu

            

Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.


Merupakan sebuah monumen bersejarah kota Semarang yang dibangun mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Pertempuran tersebut merupakan perlawanan terhebat rakyat Indonesia terhadap Jepang pada masa transisi.

Lawangsewu menjadi saksi bisu perjuangan anak-anak muda Semarang  pada 15 Oktober 1945, hingga kemudian berakhir 20 Oktober 1945. Momentum pertempuran 5 hari di Semarang, Oleh Pemerintah Kota Semarang pada 10 November 1950, dibangunlah Tugu Muda sebagai monumen peringatan, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953.


Bangunan bersejarah ini, terletak di pertemuan jalan protokoler Kota Semarang yang banyak merekam peristiwa penting selama lima hari pertempuran. Tugu Muda Semarang terletak di tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Soegijapranata, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda dan Jalan Dr. Sutomo.

Sebelah Utara tugu ini ini terdapat Gedung Pandanaran yang kini menjadi perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Di sebelah Timur terdapat Lawangsewu, di sebelah selatan berhadapan dengan Museum Mandala Bhakti, dan sebelah barat terdapat Wisma Perdamaian yang merupakan rumah dinas gubernur Jawa Tengah.

Tentunya kawasan ini patut di kunjungi sebagai salah satu monumen bersejarah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Jadi tunggu apalagi segera masukka tugu muda Semarang sebagai salah satu destinasi wisata. Tentunya menyenangkan bukan berwisata sambil mengenal sejarah. 

Related

Travelling 3903250353977140638

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru