Hindari Tipe Makanan Ini Jika Anda Ingin Sehat !


Makanan merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Tapi apa jadinya jika kita salah memilih makanan untuk di santap ? tentunya akan sangat berpengaruh pada tubuh bukan, misalnya saja terjadi penumpukan lemak yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena kecermatan dalam memiliki makanan yang akan dikonsumsi merupakan salah satu faktor penting. 


Saat ini banyak sekali makanan yang mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi namun hanya memiliki nutrisi yang sangat rendah.Kandungan tambahan seperti pengawet dan lemak jenuh akan membuat makanan-makanan tersebut semakin membahayakan tubuh.

Makanan jenis tersebut saat ini justru sangat mudah untuk di jumpai loh, untuk menemukan jenis makanan tersebut tidak terlalu sulit, karena makanan-makanan tersebut di jual bebas. Berikut ini jenis makanan yang seharusnya di hindari untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat ! 

1. Sereal Manis

Sereal sarapan pada umumnya mengandung gula dalam jumlah yang banyak. Environmental Working Group bahkan menemukan bahwa 10 sereal paling bergula memiliki kandungan gula hingga 41-56 persen. Journal of the American Medical Association menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi berhubungan dengan tingginya kolesterol jahat (LDL) serta rendahnya kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Rasa  lezat dan kemudahan dalam penyajiannya yang menyebabkan banyak orang mengkonsumsi untuk mengawali pagi. Namun ternyata rasa lezat yang terkandung didalamnya seperti menyihir setiap orang untuk melupakan dampak kesehatan bagi tubuh. Jika anda tetap ingin mengkonsumsi sereal, pilihlah sereal dengan kandungan glukosa yang tidak terlalu tinggi dan perhatikan komposisinya di belakang kemasan. 

2. Kopi

Bagi sebagian besar orang, kopi merupakan salah satu 'ritual' dalam mengawali pagi. Kopi yang disajikan oleh berbagai kedai kopi merupakan pilihan yang praktis dan digemari banyak orang. Sayangnya, kopi yang tersaji di kedai kopi biasanya memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Setiap orang di kota besar maupun di pedesaan biasanya memang memilih kopi untuk memulai hari. Mereka cenderung meminum kopi untuk menjaga konsentrasi dari serangat kantuk saat bekerja. 

Rata-rata, 20 ons kopi yang disajikan kedai kopi mengandung hampir 600 kalori dengan 15 gram lemak jenuh. Jumlah tersebut setara dengan 30 persen dari asupan kalori yang dibutuhkan tubuh serta hampir memenuhi batas konsumsi lemak jenuh yang disarankan dalam satu hari.

3. Sup Kalengan

Sup kalengan memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi. Satu cangkir sup kalengan dari sebuah merek populer mengandung sodium hingga 760 mg. Satu kaleng sup setara dengan 2,5 cangkir, sehingga mengonsumsi satu sup kalengan setara dengan 1.900 mg sodium. Padahal ambang batas konsumsi sodium per hari yang direkomendasikan adalah 2.300 mg atau 1.500 mg bagi orang lanjut usia di atas 51 tahun.

Padahal lebih sehat dan nikmat jika anda dapat membuat sup sendiri, karena yang pastinya anda dapat terhindar dari berbagai pengawet yang terdapat di dalamnya. 

4. Margarin

Dalam setiap satu sendok margarin terdapar 1,5 gr lemak trans Jumlah tersebut melebihi ambang batas konsumsi lemak trans per hari yang direkomendasikan yaitu 2 gr. Peneliti menyarankan untuk menghindari produk margarin yang disertai tulisan 'minyak terhidrogenasi' pada tabel bahannya.

5. Soda Berkalori Tinggi


Satu kaleng soda biasanya mengandung 30-40 gr gula dan hampir tidak memiliki nutrisi. American Journal of Public Health bahkan menemukan bahwa ada hubungan yang jelas antara konsumsi minuman bersoda dengan timbulnya risiko diabetes Tipe 2.

Jika anda ingin tetap menjaga berat badan ideal anda serta kesehatan anda, disarankan untuk menghindari minuman bersoda. Anda dapat memilih alternatif minuman lainnya misalnya saja, air putih atau jus buah yang anda buat. 

6. Daging Olahan


Penelitian Harvard School of Public Health pada 2010 lalu menunjukkan bahwa konsumsi daging olahan seperti sosis hingga daging asap dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 42 persen. Risiko diabetes Tipe 2 pun dapat meningkat hingga 19 persen dari konsumsi daging olahan. Di samping itu, daging olahan juga sangat tinggi akan sodium. Dalam satu iris sosis bologna saja bisa terdapat 310-480 mg sodium.

7. Es Krim

Di lihat dari berbagai sisi, es krim merupakan makanan yang sangat merugikan kesehatan. Es krim biasanya tinggi akan lemak, lemak jenuh, gula serta kalori. Medline Plus juga menunjukkan bahwa tingginya lemak jenuh dalam es krim membuat makanan yang digemari banyak kalangan ini berkontribusi terhadap timbulnya penyakit jantung.

8. Kentang Goreng Beku


Membuat kentang goreng akan lebih mudah jika dilakukan dengan kentang goreng beku siap saji. Sayangnya, kentang goreng ini memiliki sodium dan kalori yang cukup tinggi. Dalam setiap 3 ons kentang goreng, terdapat lebih dari 500 mg sodium, 8-11 gr lemak dan hampir 200 kalori.

Tentunya anda sudah mengetahui bukan, jenis makanan yang anda harus hindari. Jangan sampai anda tersihir oleh kelezatan serta penyajiannya yang praktis. Pikirkanlah kesehatan anda sebelum mengkonsumsi jenis makanan tersebut. 

Related

Tips 3397032671729657384

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru