Tempat Dengan Intensitas Hujan Paling Besar di Dunia !


Beberapa tempat didunia memiliki curah hujan yang tinggi sehingga mempengaruhi kondisi sekitarnya. Tempat-tempat ini cenderung teduh setiap saat karena selain sering terkena air hujan tempat ini pun memiliki banyak jenis tumbuhan yang membuatnya tetap teduh. 

Intensitas hujan yang tinggi juga menyebabkan tempat-tempat didunia ini selalu dalam keadaan basah. Tertarik untuk mengunjungi dan mengetahui lebih jauh mengenai tempat-tempat yang tergolong basah. 

Berikut ini merupakan 10 tempat terbasah didunia ! 

1. Mawsynram, Meghalaya, India


Rata-rata curah hujan setahun: 11,871 mm
Pemegang rekor sebagai tempat paling basah di dunia adalah Maysynram, terletak di Meghalaya, India. Lokasinya 15 km dari Cherrapunji. Penduduk di Mawsynram menggunakan rumput sebagai penahan suara hujan yang memekakkan telinga sepanjang musim hujan. Sepanjang musim hujan masyarakat yang tinggal di daerah ini akan selalu tersiram hujan tanpa henti. 

2. Cherrapunji, Meghalaya, India 


Rata-rata curah hujan setahun: 11,777 mm
ironisnya, meski menjadi tempat paling basah kedua di bumi, penduduk Cherrapunji menghadapi kekurangan air saat tidak turun hujan. Entah apa yang terjadi, seharusnya jika intensitas hujannya tinggi maka daerah Cherrapunji tidak akan kekurangan air. 

3. Tutendo, Colombia, Amerika Selatan 


Rata-rata curah hujan setahun: 11,770 mm
Tutendo, bukanlah sebuah tempat yang sangat terkenal di kawasan Utara barat wilayah Kolombia di Amerika Selatan. Orang-orang di daerah ini mempunyai rumah yang kecil dan selalu ditutupi oleh lapisan anti-air. Selain dikenal sebagai tempat paling basah ketiga di planet bumi, tidak banyak yang diketahui oleh orang mengenai Tutendo. Kota yang paling dekat adalah Quibdo (dalam gambar) juga menerima curah hujan yang sangat tinggi.

4. Sungai Cropp, New Zealand 


Rata-rata curah hujan setahun: 11,516 mm
Sungai Cropp adalah sungai yang panjangnya hanya 9 km di New Zealand. Cuacanya sangat berbeda dengan mayoritas wilayah New Zealand. Sungai ini mengalir ke arah timur sebelum berganung dengan Sungai Whitcombe. Sungai ini akan menerima siraman air hujan yang tinggi saat musim hujan tiba.  Selain terkenal dengan curah hujan yang tinggi daerah Sungai Cropp juga terkenal indah. 

5. San Antonio De Ureca, Pulau Bioko, Equatorial Guinea


Rata-rata curah hujan setahun: 10,450 mm
San Antonio De Ureca adalah kawasan paling basah di Benua Afrika denga musim kering mulai dari November sampai Maret. Masyarakat di San Antonio De Ureca akan mengalami musim hujan yang mulai dari April-Oktober dengan intensitas siraman air hujan yang tinggi. Selain itu selama musim kering, wisatawan bisa melihat kura-kura di pantai untuk bertelur. 

6. Debundscha, Cameroon, Africa 


Rata-rata curah hujan setahun: 10,299 mm
Desa Debundscha terletak di kaki Gunung Cameroon, puncak tertinggi di Afrika. Musimnya sangat bertolak belakang dengan benua Afrika yang kering karena kawasan ini menerima curah hujan yang sangat tinggi. Selain curah hujan yang tinggi daerah Debundscha ini juga dikelilingi oleh beragam tumbuhan hujau yang rindang. 

7. Big Bog, Maui, Hawaii, Oseania


Rata-rata curah hujan setahun: 10,272 mm
Tempat lain di Hawaii, kepulauan Maui adalah pulau terbesar kedua di Hawaii. Keindahan kawasan ini membuat pulau-pulaunya jadi tujuab wisata favorit. 

8. MT. Waialeale, Kauai, Hawaii, Oseania 


Rata-rata curah hujan setahun: 9,763 mm
Nama Gunung Waialeale berarti “air yang berlimpah”. Tanah di sana sangat gempur dan licin sehingga berjalan di kawasan itu sangat sulit. Para peneliti yakin bahwa puncak itulah yang membuat daerah ini mendapat curah hujan sangat tinggi. Daerah disekitar MT.Waialeale ini juga tampak ditutupi oleh kabut, sehingga daerah ini tampak sangat sejuk sekali. 

9. Kukui, Maui, Hawaii, Oseania 


Rata-rata curah hujan setahun: 9,293 mm
Puu Kukui merupakan puncak tertinggi dari Mauna Kahalawa, terletak di Hawaii. Puncak ini terbentuk dari gunung yang kalderanya terkena erosi sehingga membentuk lembah lao. 

10. Emei Shan, Provinsi Sichuan, Tiongkok


Rata-rata curah hujan setahun: 8,169 mm
Gunung Emei adalah puncak tertinggi dari Empat Gunung Suci dari Agama Buddha dan menerima curah hujan tertinggi di Tiongkok. Fenomena yang dsiebut "lautan awan" terjadi di kawasan ini, merupakan gumpalan awan dua tingkat yang akhirnya menurunkan hujan yang sangat banyak. Tempat ini juga menjadi UNESCO World Heritage Site pada 1996.

Nah, apakah anda tertarik untuk mengunjungi 10 tempat paling basah didunia tersebut ? Jika anda tertarik maka silahkan coba untuk mengunjunginya. Anda akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan jika dapat mengunjungi tempat-temat tersebut. 

Related

Travelling 3380777764679274314

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru