Kastengel, Kue Lezat yang Cocok Untuk Lebaran


Kue kering merupakan sesuatu yang identik yang di hidangankan untuk hari lebaran di Indonesia. Bermacam-macam jenis kue kering banyak tersedia pada saat lebaran tiba dari mulai rasa manis bahkan sampai asin. 

Tradisi membuat kue kering untuk lebaran pun sudah menjadi sesuatu yang rutin pada hari lebaran, biasanya masyarakat membuat beberapa jenis kue mulai dari nastar, putri salju, lidah kucing, dan kastengel. Dari semua jenis kue terdapat kue yang memiliki rasa yang asin dan gurih, kue tersebut adalah kastengel. 

Rasa asin dan gurih yang terdapat di dalam kue kastengel tersebut berasal dari pemberian keju yang banyak. Tentunya lezat bukan ! Banyak masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga dewasa yang menyukai jenis kue kastengel ini. 

Kue ini awalnya berasal dari pengaruh kebudayaan Belanda. 'Kaas' sendiri dalam bahasa Belanda berarti 'keju' dan 'stengel' berarti 'batang'. Itulah mengapa kastengel biasanya dibuat dengan bentuk memanjang.Kue ini terinspirasi dari camilan asal Belanda bernama kaasstengels yang berupa cheese stick dengan tekstur ringan dan renyah. 

Nah bagi anda yang tertarik dan memang menyukai kue kastengel ini maka berikut ini terdapat bahan-bahan dan cara membuatnya ! 

Bahan-bahan : 

-1 kilogram tepung terigu
-1 kilogram telur (kuningnya saja)
-1 ons susu bubuk
-1 sdm butter Wisman
-1 sdm butter
-1 kilogram mentega
-1/8 kilogram gula halus
-1/4 kilogram keju

Cara membuat : 

1. Sisihkan lima butir kuning telur, kocok dengan garpu.
2. Sisihkan 2 sdm tepung terigu.
3. Campurkan semua bahan di atas (kecuali kuning telur dan tepung terigu yg sudah disisihkan) dan aduk dengan menggunakan tangan.
3. Setelah adonan rata, ambil beberapa adonan dan cetak dengan cetakan kastengel. Namun sebelumnya, jangan lupa menaburkan tepung terigu yang sudah disisihkan tadi ke permukaan cetakan supaya tidak lengket.
4. Setelah dicetak, tempatkan di nampan atau loyang ceper yang sudah di oleskan mentega.
5. Oleskan kuning telur menggunakan kuas kue pada masing-masing adonan kastengel yang sudah dibentuk.
6. Parut keju di atas kastengel yang sudah di bentuk untuk topping.
7. Masukkan ke dalam oven, panggang kurang lebih selama 30 menit hingga harum.
8. Kue kastengel siap disajikan.


Mudah bukan bahan-bahan dan cara membuat kue kastengel tersebut. Anda dapat membuat kue ini di rumah dengan anggota keluarga. Kue ini sangat cocok jika di sajikan untuk acara lebaran nantinya. Selamat mencoba ! 

Related

Food 1969465152738883988

Đăng nhận xétDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item
Berita terbaru